11 Alasan Melakukan Digital Marketing

11 Alasan Melakukan Digital Marketing

Aapakah digital marketing itu memang efektif? Seiring kemajuan teknologi yang semakin pesat, tentunya Anda harus semakin fleksibel dalam menentukan langkah apa yang harus diambil dalam mengembangkan usaha Anda.
Inilah yang benar-benar kita perlukan saat ini. Beberapa alasan Anda memerlukan hal Digital marketing.

1. Dilakukan secara online

Pemasaran digital menyediakan kesempatan untuk bisnis skala kecil dan menengah untuk bebas bersaing mendapatkan traffic yang sudah di targetkan. Saat ini bisnis kecilpun sudah berkembang dengan menyediakan resource untuk membantu proses sales dan marketing.

2. Lebih hemat dibandingkan ‘traditional marketing’

Biasanya bisnis skala kecil hanya memiliki sedikit resource. Inilah mengapa digital marketing yang mampu menyediakan channel marketing yang lebih baik dan dengan biaya yang lebih sedikit.
Beberapa hal yang memiliki peluang besar untuk saat ini adalah media sosial dan pemasaran surat elektronik. Sebanyak 40% mengaku mendapatkan penghematan yang cukup besar ketika menggunakan pemasaran digital untuk mempromosikan produk dan jasanya. Selain itu, sebanyak 28% dari pebisnis yang mengatakan akan menggeser alokasi budget marketing dari media tradisional lalu menginvestasikannya ke alat dan teknik ini.

3. Memberikan konversi

Pemasaran dari bisnis online dapat diukur kesuksesannya dengan cara dihitung persentase dari traffic yang dapat di konversikan menjadi lead magnet, subsciber dan sale. Digital marketers, yakni yang melakukan digital marketing, memiliki prioritas tersendiri yakni optimasi dari konversi, content marketing, media sosial dan merek itu sendiri.

4. Membantu menghasilkan pendapatan yang lebih baik

Tingginya tingkat konversi dapat dihasilkan dari teknik yang efektif.  Menurut data Google, perusahaan yang menggunakan strategi pemasaran digital memiliki ekspektasi pertumbuhan pendapatan 2.8 kali lebih baik. Dan bagi bisnis skala kecil dan medium yang menggunakan teknik tersebut memiliki peluang membesarkan bisnisnya 3.3 kali lebih baik.

5. Memfasilitasi interaksi dengan target audiences

Dengan berinteraksi dengan para pelanggan, Anda akan mendapat masukan dan mengerti apa yang target market Anda inginkan. Banyak keuntungan yang akan didapatkan jika Anda berhasil mengetahui itu semua, yakni pemasaran menjadi efektif dan efisien, meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan, meningkatkan retensi pelangggan, meningkatkan cross-sell dan upsell.

6. Melayani konsumen mobile

Mobile saat ini telah menjadi kebutuhan primer bagi setiap individu, khususnya setelah mobile menjadi alternatif ketika tidak bisa membuka laptop atau PC. Saat ini sebanyak 91% orang selalu memegang mobile mereka kemanapun pergi.

7. Membangun reputasi brand

Anda sebagai pebisnis harus memberikan apa yang Anda janjikan pada pelanggan. Hal ini membantu membuat hubungan dengan target audience menjadi lebih baik. Jadikan pelanggan Anda yang setia menjadi brand ambassador gratis Anda.

8. Memberikan ROI yang lebih baik untuk investasi marketing

Kunci sukses dalam digital marketing adalah untuk membuat traffic menjadi penjualan dan leads. Semakin banyak Anda membuat traffic seperti ini, semakin cepat Anda dapat menyadari ROI  (return on investment) bisnis Anda.

9. Mendapatkan kepercayaan orang

Penggunaan teknik ini berpengaruh pada media sosial dan testimonial dari pelanggan yang sebelumnya membeli produk atau servis. Menurut survey mereka (calon konsumen) percaya akan informasi tentang brand, produk atau servis jika teman atau kolega yang memberitahukan.

10. Membujuk orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan

Digital marketer dapat membuat cara yang pintar dan inovatif untuk menarik konversi menggunakan calls to action (CTA). CTA sendiri bisa berupa sign up, like, download, call ataupun buy. Semakin baik CTA yang Anda berikan, semakin banyak pula orang yang akan terjaring untuk mengambil tindakan (action) dan akhirnya akan menguntungkan Anda.

11. Memastikan bisnis online bertahan

Bertahannya bisnis Anda di era serba internet saat ini menandakan bahwa terjadinya koneksi antara Anda dan pelanggan Anda. Internet disini merupakan sebuah jendela penghubung sehingga Anda dan pelanggan dapat berkomunikasi dengan baik.

Anda perlu memastikan satu hal yakni, konversi. Bayangkan jika situs web Anda memiliki banyak visitor tetapi tidak satupun dari mereka yang pernah mengkonversi, maka bisnis online Anda tidak akan berjalan karena tidak ada yang membeli, dan pada akhirnya Anda harus menutup toko online Anda tersebut.

Pada akhirnya semua usaha yang dibangun adalah untuk mencapai sebuah tujuan, yakni mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan pemasaran digital yang tepat.

Anda calon pengusaha sukses? Butuh bantuan untuk melakukan digital marketing yang baik? Silakan kunjungi: consulting.hartlogic.com

Follow Bernhart Farras Sukandar:

Founder & President HartLogic

A person, born in 1995 who desire to make improvements for Indonesia, always learn to share, and in process of mastering hone sincerity. Growing up in multiple cities in Indonesia, studying in Indonesia, Australia & Germany, working in multiple cities in Indonesia & Germany. The fact that I’ve been living in different places with different environments gives me cultural knowledge, international mindset, and broader knowledge. I love culture, traditional language, and tourism in Indonesia #LoveIndonesia. My hobbies are watching movies, playing music (piano & guitar), playing strategy games, archery, basketball, writing & producing videos.

Leave a Reply