Meluncurkan Brand Baru Dengan Viral Marketing

Meluncurkan Brand Baru dengan Viral Marketing

Bagi Anda pengguna internet, pasti pernah mendengar kata Viral. Dilihat dari bahasanya, viral berarti virus atau sesuatu hal yang menyebar dengan sendirinya. Maka, sudah bisa diambil pengertian bahwa secara garis besar yakni sesuatu yang mampu meningkatkan potensi marketing bagi Anda yang memiliki usaha dalam dunia online. Namun daripada itu semua, masih banyak pemahaman yang belum dipahami orang banyak, terlepas dari apakah itu memang sulit diterapkan dan sebagainya.

Lalu seperti apa sebenarnya Viral Marketing?

Jika dilihat dari pengertian paling sederhana adalah strategi yang secara teknis menggunakan sebuah viral untuk menarik sebanyak-banyaknya pengunjung melalui sebuah konten, yang dapat membuat si pengunjung tersebut membagikan konten yang telah dilihat sebelumnya kepada orang lain. Contoh, kita lihat video lucu asal Jepang yang dinyanyikan oleh Kazuhiko Kosaka alias Pika-Taro seorang Komedian sekaligus Penyanyi di YouTube yang sedang banyak dibicarakan.

Secara tidak sadar, setelah melihat kelucuannya bahkan bisa dibilang keanehannya, maka kita akan tergerak untuk membagikannya kepada teman melalui akun media sosial yang kita punya, terlepas itu Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Ini berkat kesan yang terdapat pada video yang telah ditonton tadi. Maka proses inilah yang menjadi salah satu kunci sukses situs You Tube dalam menjaga eksistensinya.

Selain kelucuan, hal lain yang berlaku untuk konsep lain diantaranya berupa kejutan, hal fenomenal, hal yang menakutkan, maupun hal-hal sangat menarik sama fungsinya akan memberikan pengaruh kuat kepada orang-orang untuk melihatnya.

Hal yang paling sering kita temui saat melakukan teknik viral marketing, sekaligus merupakan halangan terbesar yaitu konsep yang kerapkali memiliki perjalanan cukup pesat yang dimulai setelah diluncurkan, kemudian memuncak, dan akhirnya menghilang begitu saja, bahkan dilupakan dengan sangat cepat.

Aspek positif apa yang bisa diperoleh?

Sementara itu aspek positif yang bisa kita ambil dari sebuah viral adalah, karena dapat memberikan tingkat kepopuleran yang tinggi, menjadi iklan yang terus menerus dibahas setiap saat dan itu sangat efektif. Oleh sebab itu, apabila Anda ingin meluncurkan produk atau memperkenalkan perusahaan Anda, yang notabene menggunakan brand yang sangat baru maka sangat disarankan untuk menggunakan teknik ini untuk membuatnya mudah dikenal oleh orang banyak dengan sendirinya.

Tentunya sebuah produk atau brand diciptakan dengan tujuan agar bisa mendatangkan profit setinggi-tingginya, namun bagaimana semua itu bisa terwujud jika produk atau brand baru Anda itu tidak dikenal orang? Untuk itu caranya adalah dengan menggunakan salah satu teknik marketing tersebut.

Nah bagi Anda para pengusaha baru dan butuh bantuan untuk bagaimana cara menggunakan teknik viral marketing yang tepat dan efektif? Kunjungi: consulting.hartlogic.com

Follow Bernhart Farras Sukandar:

Founder & President HartLogic

A person, born in 1995 who desire to make improvements for Indonesia, always learn to share, and in process of mastering hone sincerity. Growing up in multiple cities in Indonesia, studying in Indonesia, Australia & Germany, working in multiple cities in Indonesia & Germany. The fact that I’ve been living in different places with different environments gives me cultural knowledge, international mindset, and broader knowledge. I love culture, traditional language, and tourism in Indonesia #LoveIndonesia. My hobbies are watching movies, playing music (piano & guitar), playing strategy games, archery, basketball, writing & producing videos.

Leave a Reply